Monday 7 November 2016

Hamil sekarang dan dulu, apa bedanya?



Saat blog ini dibuat, saya masih unyu2 masih tingkat satu alias semester 2, dan sekarang saya udah lulus kuliah , udah nikah, udah kerja selama 2 tahun dan udah punya anak 2 xD
time flies like jet! hhhaaha, yaaa walopun emang saya gak konsisten kalo nulis, moody abis. blog ini ditinggalnya bisa setaun aja gitu gak diapa2in,jahat ya :(
mulai sekarang, bakal mencoba buat at least 1 post per week lah yaaa, doakan! ;p
Oke, jadi saya udah cerita di post terakhir saya tentang trimester kedua untuk anak kedua saya yang surprisingly anaknya cowok lagi!! :D
Banyak cerita di kehamilan kedua ini,
saya mau coba flashback dengan dua kehamilan saya ini, apa2 aja yang saya alamin, enak gak enaknya semua terangkum jadi satu..
sepertinya cerita ini bakal panjang hahaha,
jadi siapin cemilan  aja yaaa...

1.       Status
oke, jadi di kehamilan kedua ini saya sudah berstatus sebagai WORKING MOM, beda sama waktu hamil Juna dulu yang masih belum kerja, gegoleran aja di rumah, masak cuma pas pagi atau sore aja, beres2 rumah yang dulu masih ngontrak di rumah petak yang setengah jam aja udah kelar semuanya,
sekaraaaaaaaaaaang.... saya adalah ibu bekerja yang berangkat pagi pulang sore dan di rumah udah ditunggu sama bocah kesayangan saya yg gak sabar ngajakin mamanya ini maen. Siapin tenaga ekstra! :D

2.       Morning Sickness.
Juna dulu morning sickness nya parah sih menurutku. Sehari bisa muntah sampe 6x, gak bisa masuk apa2 kecuali buah dan susu. Gak makan nasi sampe 3 bulan. Lemes kaya orang sakit apaaaa gitu.
Nah pas hamil adeknya ini, mual sih masih ya, tapi gak sampe mutah yang gimana2. Cuma 2 atau 3x gitu selama hamil. Mungkin karna saya kerja kali ya, jadi banyak temen ngobrol, ada sesuatu yg dikerjain, agak keslimur lah kalo bahasa jawanya mah.

3.       Rumah
di awal kehamilan kedua saya, kami (saya+pak suamik) memutuskan untuk membeli rumah karna jelas dengan bertambahnya anak, akan butuh lebih banyak ruang, dan kontrakan kami sudah terlalu sempit untuk ditambah dengan satu makhluk hidup lagi. Belum lagi kalo nanti oma dan/opa datang berkunjung menengok cucunya, makin gak bisa gerak lah kami semua. Selain itu juga karna alasan ekonomi: kalo ngontrak  terus, kami jadi sering hedon, jadi mending sebagian penghasilan buat nyicil rumah lah, biar gak was2 juga kalo misalnya harga kontrakan naik dan lain sebagainya.
Makaaa, diputuskan untuk ambil rumah.
apa konsekuensinya ambil rumah dengan kehamilan saya?
·         ^Karna saya termasuk rewel dan beda selera dengan suami saya, jadi saya selalu ngintilin kalo suami survey rumah. Kemana mana deh, dari ceger-bintaro sampe ciputat, pamulang, dan sekitarnya..
namanya survei, blusukan kemana-mana, kalo pake mobil kan jelas kurang lincah yaa. Jadilah survei kemana2 itu naek motor, panas hujan bukan halangan. terjaaang!!. 
·         ^pindahan! iya, saya pindahan di usia kehamilan 5 bulan. Beruntungnya mama saya datang bantuin saya packing2 dan pindahan. Semua langsung beres kalo mama yang ngerjain. Lovlov deeeh! tapi ya teteppp,, pindahan itu capek banget dan baru beres banget itu pas udah seminggu setelah lahiran. Gak lagi2 deh pindahan pas hamil. Engap, debu, kaya gak ada selesainya gitu.

·         ^Jarak rumah ke kantor yang semula 5 km dari kontrakan berubah jadi 15 km setelah kami pindah ke rumah kami sendiri. Efeknya jelas ke perut saya. Pas usia kehamilan sudah menginjak 7 bulan, saya sering mengeluh perut saya kontraksi tiap ada poldur yang gak sengaja dilibas atau jalanan yang nggak rata. Barulah sebulan sebelum saya cuti atau pas usia kandungan 8 bulan, saya udah gak kuat dan akhirnya kami memutuskan untuk naik mobil ke kantornya yang berarti menambah waktu setengah jam lebih awal untuk berangkat dan sejam lebih lama nyampe rumah -..- Kasian Juna sih, nunggu kami pulang lebih lama :( tapi yasudahlahyaaa.. demi kesehatan dedek bayi (dan saya) dulu yg diutamain

4.        Stres?
Pas beli rumah itu, kami sempat ada cobaan yang bikin saya sampai nangis malem2, saking stresnya. Padahal saya bukan tipe yang gampang stres dan biasanya ngegampangin masalah. Tapi untuk masalah yang ini saya akui saya stres berat, sampai suami saya aja gak bisa nenangin. Saya cuma dipeluk aja, yang memang jadi satu2nya penenang saya. Suami saya? ohhh tenang, dia juga stres berat hihihihi
Pas hamil Juna dulu saya kayaknya hahahihi doang deh kerjaannya. Tinggal di rumah petak aja bisa bahagia banget gitu, maklum ya penganten baru belum ada cicilan apa2 haha. Di rumah surfing internet, jajan2, beres2 bentar, masak kalo mood, luluran, dandan, nunggu mz pulang, trus jalan2 sama mz, kalo gak cerita2 aja sampe malem sampe ngantuk gak ada yang gangguin. Ah jadi kangen deh sama petakan ituu,pernuh kenangan banget, bahagiaaaa bangett..  huhuhu baper kaaan...

5.        Istirahat
Pas hamil Juna saya relatif gak ngapa2in. Tapi hampir tiap malem saya dipijitin suami saya. Duh enak bener deh. Bahkan kalo weekend ada sesi luluran juga by mz suamik. Capek mah cuma bentuk manja saya aja. Padahal aslinya mah yg capek harusnya suami saya hehehe.
Pas hamil adeknya Juna ini, kalo saya capek sepulang kerja karna menempuh 15 km naik motor dengan perut besar itu, saya jelas gak bisa langsung istirahat atau rebahan sesampainya di rumah. Karna Juna yang sangat aktif udah nungguin dengan penuh antusias buat ngajakin maen,
Saya?? duuh liat mukanya yang sumringah sambil bawa mobil-mobilannya itu bikin capek saya ilang sudaah.. dipeluk saya, dicium seluruh muka saya, capeknya entar dulu deh, masih kuat kok! haha
tapi ya tetep, capek ya tetep capek.. Juna bukan pengusir capek yaa,, tapi pengalih! haha
pas Juna udah bobok maaah, giliran saya yang meringis karna punggung saya rasanya udah kaya digiles truk aja, gak berstruktur, pengennya langsung tepar rebahan.
tapi di trimester akhir, adeknya Juna di perut lebih sering ngajak ngobrol dg nendang2 mamanya ini. Gak bisa lama2 kangen2an sama pak kasur deh #kissbye

6.        Lahiran.
Pas lahiran Juna dulu, entah karna saya terlalu santai dan gak banyak kegiatan atau emang karna anak pertama yaa jadi kontraksinya agak lama, total 15 jam sejak kontraksi pertama. sebelum2nya gak ada kontraksi palsu dan Juna lahirnya telat 2 minggu dari HPL. Bisa baca di sini kalo mau tau lengkapnya.
Kalo anak kedua ini, saya sering ngrasain kontraksi palsu. Bahkan 10 hari sebelum lahiran, kontraksi palsunya intens, mungkin juga karna kecapekan gak ada bibik yg bantuin (bibik gak balik hiks). Pas lahiran mulai dari kontraksi awal sampe lahiran sekitar 6 jam. Lahirannya relatif lebih mudah, semenit doang ngejennya udah keluar aja bayinya.


well, akhirnya terangkum sudah beda kehamilan anak pertama dan kedua Yang jelas hamil itu nagihin sih sebenernya.. Dua kehamilan yang tercipta karna cinta, jadi yaa ngrawatnya juga penuh cintaa :)
Saya udah bersyukur banget2 deh anak2 saya sehat gak kurang apa2. Semoga jadi anak2 sholeh baik2 ganteng2 semuaaa aamiin

0 comments:

Post a Comment

 

my life in words Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang