Wednesday 2 November 2016

TENTANG DONOR ASIP



Saya udah cerita sebelumnya kan, tentang asip saya yang akhirnya melimpah dan dalam waktu dua bulan udah menuhin freezer khusus buat menampung asip
Naaaah, akhirnya saya bingung tuuh, ini Asip mau dikemanain. Mau dibuang rasanya sayaaaang banget. Ngumpulinnya kan bukan berarti gak pake perjuangan yaaa. Walopun berjuang melawan rasa ngantuk doang sih, hehe. Iya, saya juga pumping tengah malem minimal sekali atau sama subuh jadinya 2x. Pagi dan siang juga. Jadi total pumping minimal 4x sehari selama cuti melahirkan di rumah.
kegalauan ini muncul pas liat freezer udah penuh gak bisa dikasih stok asip lagi. Mau beli freezer lagi kan sayang2 duitnya juga kan (heleh,emak2 banget :p)masih banyak keinginan  kebutuhan yg belum kesampean, make up misalnya :p
Tapi kalo dibuang kok ya sayang jugaaa..
Akhirnya setelah ditimbang dipikir direnungkan bareng mz suamik, saya (kami) memutuskan untuk mendonorkan Asip saya, dengan segala pro-kontra nya itu pun, saya juga punya alasan tersendiri kenapa akhirnya mendonorkan asip
.. jreng jreng jreeeng... here are the reasons:

1. Nanti kalo jadi anak sepersusuan bisa jadi mahram lho!

Iya ini bener. Di Islam, sepengetahuan saya nih, kalo bayi udah minum sampe 5x kenyang, berarti udah resmi jadi anak sepersusuan, yang artinya suami, ibu pendonor asip, dan anak2 nya sudah menjadi mahram alias tidak boleh dinikahi oleh bayi yang menerima asip, cmiiw.
Maka dari itu, saya hanya mau memberikan asip saya pada bayi laki2 muslim saja.

Tapi ternyata ada masalah lagi yang timbul, misal: kalo nanti saya melahirkan anak perempuan, dan mereka berjodoh, mereka juga gak boleh nikah lhoo...
yaaa kalo masalah ini saya wallahualam aja deh,
mau gimana yaaa..
namanya jodoh itu kan udah rahasia Allah yaa..
sangat kecil kemungkinan anak perempuan saya berjodoh dengan anak sepersusuan saya itu, walopun yaaa tetap ada saja kemungkinan. Tapi menurut saya kemungkinannya sangat kecil, apalagi menyangkut kelahiran dan jodoh anak perempuan saya yang sampe saat ini saya saja belum mengandungnya.
masalah rejeki, kelahiran-kematian, dan jodoh ini menurut saya memang prerogatif Allah ya.. clue nya aja sedikit pun kita gak punya. Jadi pasrah aja lah, sambil berdoa bahwa niat saya baik semata2 ingin mencari barokah atas apa yang bisa saya lakukan dan saya beri. Syukur2 kalo bantuan saya jadi jalan untuk memudahkan masalah yang dihadapi ibu/bayi lain.
Menurut saya jadi mahram ini alasan yang agak dibuat2, sekali lagi, itu cuma menurut saya lhooo..
Ketakutan yang nggak semestinya. Kayak mau ngasih sedekah ke orang lain trus mikir 'nanti jangan2 uang ini dibuat beli pisau, terus buat nusuk saya'
yaaa kalo gitu mikirnya, yaa gak bakal jadi sedekah.. gak bakal jadi nolong orang.. gak jadi dapet potensi pahala deeeh, ya kan?
Tapi buat kenyamanan saya juga, di awal saya juga menegaskan agar ibunya yang ambil asipnya langsung ke rumah saya, disertai foto selfie sama saya (haha narsis), foto KTP ibunya, dan foto akta lahir anaknya (gak sekalian KK buuk..hehehe), 
buat dokumentasi dan jaga2 di kemudian hari aja sih...
jadi.. saya mikirnya yang positif aja lah! :D

2. Nanti kalo ternyata anaknya alergi/sakit/nggak cocok sama asip nya gimana?

iya, saya juga sempat kepikiran itu. Nanti kalo berdampak buruk buat bayinya gimana? Kan kasian bayinya yaaa..
Makanya saya udah disclaimer dari awal, kalo saya pemakan segala, hahaha..saya gak ngebatasin makanan apa yang masuk di saya, mau pedes ya dihajar aja.. masa ya saya gak makan sambel 2 tahun kan ya sengsara amat ya rasanya hidup..sayur saya sukaa, tempe hajar, sushi saya gak begitu doyan, tapi seafood yg mateng macem suki gitu saya demen banget, insyaAllah saya makannya yang saya tau halal laah..
 ya urusan anaknya alergian atau gimana harusnya ibu kandungnya lebih ngerti yaaa.. jadi yaa ibu kandungnya yang antisipasi karna masalah ini udah diluar kuasa saya. Masa yaa saya mau meriksain anak yg bakal jadi penerima donor asip saya, kan ya gak mungkin. .

3. Kan sayang asipnya kalo dikasih, kalo nanti stoknya kurang buat anak sendiri gimana?

Saya juga sempet mikir kaya gitu. Kepikirannya pas buat puasa. Biasanya kalo puasa kan asi saya berkurang niih, mungkin karna seharian kurang air yaaa, jadi harusnya asipnya biasa buat backup pas saya lagi puasa.
Tapi saya pikir2 lagi kan puasa ramadhan masih lama,
kalo puasa sunnah juga kan gak maraton tiap hari,
jadi masih bisa lah Ale minum stok asip baru, bukan stok asip beku..
well, akhirnya saya mendonorkan asip saya untuk dua bayi laki2 yang saya rasa memang membutuhkan..
bahkan salah satunya habis dioperasi hernia yang mungkin membuat ibunya stres dan berakibat ke menurunnya asi :(
eh, bahkan Nabi Muhammad juga punya ibu susu kan? Nabi saja menyusu pada yang bukan ibu kandungnya (menyusu langsung sih emang), jadi saya rasa, menjadi ibu susu untuk anak lain yang membutuhkan itu merupakan anugerah tersendiri bagi saya. Alhamdulillah..
semoga apa yang saya lakukan bisa membantu mereka,
dan membantu saya juga.... biar semangat pumping! :p

hidup mama perah!! :D

0 comments:

Post a Comment

 

my life in words Template by Ipietoon Cute Blog Design and Waterpark Gambang